Tips Membuat Akun Instagram Bisnis untuk Pengusaha Baru

Tips Membuat Akun Instagram untuk Pengusaha
Daftar Isi

Tips Membuat Akun Instagram Bisnis – Halo TemanBilla, tau gak sih sejak 2021 lalu pengguna aktif instagram semakin lama semakin meningkat, berdasarkan data terakhir ada sekitar 92,5 Juta pengguna aktif Instagram di Indonesia. Berdasarkan data tersebut banyak sekali brand yang merambah ke Instagram untuk mengoptimalkan strategi pemasaran bisnisnya.

Apakah TemanBilla ingin meningkatkan peluang bisnis di Instagram? Buat TemanBilla yang ingin mencoba memaksimalkan bisnis di Instagram, kami berikan tips yang bisa di coba lakukan agar bisnis yang sedang dijalani bisa sukses serta tepat sasaran khususnya buat kamu yang baru memulainya wajib banget untuk mengetahui tips membuat akun instagram bisnis bagi pemula ini.

 

Tips Membuat Akun Instagram Bisnis Bagi Pemula

Tentukan Audiens

1. Tetapkan Tujuan yang Jelas

Ingat, semua platform sosial media itu hanyalah Alat. Agar Alat tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik, maka diperlukan perencanaan dan tujuan yang jelas agar kamu tidak membuang waktu untuk memikirkan target tujuan membuat Akun Instagram Bisnis. Setidaknya TemanBilla perlu menentukan apakah ingin :

  • Ingin meningkatkan brand awareness (kesadaran merek)?
  • Menginginkan target audiens atau pengikut yang jelas?
  • Ingin meningkatkan penjualan?

Walaupun di awal kita harus menentukan arah dan tujuan membuat akun instagram bisnis, pada dasarnya selama berjalannya waktu kamu akan bisa menentukan sendiri strategi manakah yang tepat untuk bisnismu.

2. Membuat Akun Instagram Bisnis

Begitu kamu memutuskan untuk membuat Instagram Bisnis dengan tujuan tersebut, maka mulailah membuat Akun Bisnis pertamamu. Hal yang perlu di ingat yaitu, Instagram memiliki 2 Jenis Akun.

  • Akun Instagram Pribadi, dan
  • Akun Instagram Bisnis

Untuk mengoptimalkan bisnismu di Instagram pastikan untuk mendaftarkan ke akun Instagram bisnis, bukan instagram pribadi. Jika TemanBilla mendaftarkan ke akun Instagram bisnis, kamu akan mendapatkan fitur keren yang hanya dimiliki pengguna akun Instagram Bisnis seperti :

  • Instagram Insights
  • Iklan Instagram
  • Belanja Instagram
  • Informasi kontak dan tombol ajakan di profil

3. Tentukan Siapa Target/Audiens

Terlalu cepat untuk menentukan target audiens? Sepertinya tidak TemanBilla, karena jika kamu sudah menentukan siapa target Audiens akan mempermudah dalam pembuatan konten, penggunaan bahasa copywriting yang tepat. 

Sebagai contoh : Target Audiens Bisnismu adalah orang tua (ibu & bapak), rentang usia 40-50. Tentu bahasa yang digunakan cocoknya menggunakan bahasa formal, dan kontennya bisa menggunakan konten langsung penjualan.

Dari contoh diatas, tentu pemilihan target audiens sangat penting bagi strategi marketing kamu kan? Tidaklah mungkin, jika target audiens orang tua,  kamu menggunakan pemilihan bahasa dan konten yang dikhususkan pada rentang usia 20-25 tahun (remaja).

Jadi siapa target Audiens TemanBilla?

4. Mengoptimalkan Profil

Tantangan terbaru TemanBilla ialah memaksimalkan 150 karakter yang ada di bio profil instagram agar dapat memberikan kesan yang unik, menarik, hebat serta menjadi alasan mengapa mereka perlu mengikutimu. Bisakah TemanBilla membuatnya? 

Jika bingung apa yang harus ditulis, TemanBilla bisa mengikuti beberapa bidang yang sudah disesuaikan seperti :

  • Nama, yang bisa dicari pada pencarian, ini bisa kamu tulis brand/merek Bisnis.
  • Nama Pengguna, bisa menggunakan nama pengguna Brand/Merek bisnismu sebagai identitas bisnis dan mudah diingat dan dicari pada pencarian.
  • Situs Web, sertakan alamat website yang menjelaskan tentang bisnismu lebih lengkap.
  • Kategori, bisa kamu pilih termasuk jenis kategori apa bisnismu saat ini.
  • Opsi Kontak, berikan informasi kontak bisnis seperti email bisnis, nomor telepon bisnis atau nomor whatsapp bisnis.
  • Tampilan Profil, tampilkan informasi bagaimana cara pelanggan berinteraksi langsung dengan kamu.
  • BIO, TemanBilla bisa memberikan informasi seminimal mungkin mengenai merek bisnis saat ini. Berikan kesan yang menarik untuk mendapatkan pengikut ke akunmu.

5. Foto profil yang tepat

Foto profil merupakan identitas keberadaan bisnismu di Instagram. Gunakan foto profil yang tepat untuk memberikan kesan terpercaya di mata audiens. Biasanya foto profil dipilih berdasarkan logo/brand dengan ukuran yang sesuai skala 110×110 pixel yang akan dipangkas / crop untuk ditampilkan di Instagram. 

Maka persiapkan gambar dengan kualitas terbaik serta ukuran yang lebih besar yang memuat gambar/logo agar tetap terlihat jelas saat dipangkas/crop.

 

Tips Mengoptimalkan Bisnis dengan Membuat Instagram Bisnis Pribadi

Membuat konten dan desain visual menarik

6. Membuat Konten, dan Desain Visual yang Menarik

Instagram merupakan media visual, sehingga postinganmu harus tampak terlihat menarik dan kreatif. Serta memiliki kualitas konten yang menarik untuk dibaca, dilihat dan membuat pelanggan bersemangat untuk mengikuti akunmu. Berikut ide membuat konten dan desain visual yang menarik yang mampu memperdaya pelanggan:

  • Membuat Konten Kutipan & Gambar berbasis Teks, Gunakan teks untuk membuat konten gambar kamu menjadi lebih menarik, tanpa adanya foto.
  • Buat konten yang autentik dan menarik
  • Membuat variasi konten, Audiens mudah bosan dengan konten yang sama dan berulang-ulang. Gunakan variasi konten seperti konten edukasi, konten games, konten hard selling/soft selling, dsb,
  • Membuat visual desain yang menarik, dan kekinian, Visual desain kamu harus menarik serta tidak kaku. 

Jika masih kesulitan membuat desain, konten yang menarik buat Audiens. TemanBilla bisa menggunakan layanan dari Billa Creative. Kami hadir sebagai solusi dari masalahmu. Kami juga memiliki Tim yang handal dalam pembuatan konten dan desain yang menarik dan kreatif.

7. Gunakan Tagar (Hashtag) yang bijak

Tagar atau Hashtag merupakan salah satu fitur yang bisa digunakan dalam pencarian. Keberadaan tagar sangat penting agar konten postingan yang sudah terupload dapat dicari dengan mudah di pencarian. Penggunaan tagar pun tidak boleh berlebihan ya, sebaiknya menggunakan tagar 5 sampai 9 per postingan. Agar mendapatkan hasil maximal pada pencarian gunakan :

  • Tagar yang relevan dengan bisnis
  • Riset sesuai Niche bisnismu
  • Jangan mendorong bertukar tindakan seperti (#followme, #ikutiaku)
  • Gunakan hashtag 5 hingga 9 tag per postingan
  • Gunakan hashtag yang relevan dan berbeda-beda di tiap postingan

8. Berinteraksi dengan Audiens

Instagram merupakan media komunikasi secara online yang bisa digunakan untuk mempromosikan, membranding perusahaan, ataupun berinteraksi dengan audiens. Tentu saja agar dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan kita, maka jangan pernah cuek dengan audiens.

TemanBilla bisa membuat konten untuk berinteraksi dengan audiens, seperti membuat konten tanya jawab, atau berbalas komentar dengan audiens. Hal tersebut selain dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, juga dapat memberikan rasa senang karena audiens bisa mendapatkan perhatian dari kamu.

9. Jangan cuek dengan story instagram

Instagram story merupakan salah satu fitur Instagram yang dapat memungkinkan kita menunjukkan aktivitas saat ini, membagikan sebuah cerita, atau musik yang sedang didengarkan. Berarti setiap orang yang melihat instagram story pada akun kita. Kamu juga bisa mengetahui siapa saja yang menyukai serta melihat videonya.

Selain itu berbagai fitur instagram story juga dapat meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Salah satu fitur yang sering digunakan pada akun bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan yaitu fitur Q&A (Tanya Jawab), dan Quiz. Kamu bisa menyesuaikan kebutuhan fitur instagram story untuk melakukan berbagai aktivitas sesuai kebutuhan.

10. Gunakan Highlight Sorotan

Highlight merupakan kumpulan gambar, video, dan kiriman yang pernah kamu posting ke Instastory (Instagram story) di masa lalu. Highlight sorotan ini berbeda dengan Instastory yang akan menghilang setelah 24 jam. Fitur sorotan ini semacam album yang dapat di kategorikan dan tidak hilang setelah diposting seharian. 

Lalu bagaimana cara memaksimalkan highlight sorotan bagi bisnis? Begini caranya :

  • Gunakan fitur highlight sorotan untuk produk/Layanan, tentu saja bisa dikategorikan dengan produk yang best seller, produk terbaru, lookbook produk yang akan segera dirilis dsb
  • Gunakan highlight pada sorotan seputar pertanyaan dari pengikutmu.
  • Testimonial, TemanBilla bisa menggunakan sorotan pada testimoni pelanggan atau yang sudah pernah membeli produkmu.
  • Promosi/Event, kamu juga bisa membuat sorotan berbagai event yang pernah dilakukan, atau informasi event/promosi yang akan datang
  • Tutorial, sorotan juga bisa digunakan untuk tutorial yang pernah dilakukan agar pengikut bisa melihat kembali tutorial yang ingin dilakukan.

11. Posting di Waktu yang Tepat

Tahu gak sih TemanBilla ternyata ada jam atau waktu yang tepat untuk memposting di Instagram sesuai dengan bisnismu. Waktu posting atau Prime Time tersebut bergantung juga dengan lokasimu, berdasarkan beberapa penelitian menyebutkan kalau waktu tepat posting itu :

  • Merekomendasikan di hari rabu jam 11.00 pagi dan Jumat jam 10.00 – 11.00 pagi menurut sprout social
  • Sedangkan hootsuite merekomendasikan di hari rabu jam 11.00 pagi
  • Sedangkan hubspot merekomendasikan di hari selasa jam 11.00 pagi- 02.00 siang

Dari analisa diatas terlihat waktu dan hari berbeda-beda, tentu saja kita tidak bisa menjadi acuan namun beberapa peneliti menyebutkan waktu yang tepat posting pada hari rabu jam 11.00 pagi di jam istirahat.

Lalu bagaimana menentukan waktu yang tepat? Begini caranya :

  • Temukan kapan audiens pengikut akun Instagram kamu aktif, dengan melihat hasil insight per postingan kamu bisa melihat di jam berapa postinganmu ramai dikunjungi
  • Membuat jadwal hipotesis postingan feeds/story instagram yang baru
  • Menganalisa postinganmu selama seminggu untuk menentukan waktu yang tepat untuk posting serta jenis konten yang disukai

12. Perluas Audiens dengan Iklan

Cara paling gacor agar postingan kamu banyak diliat oleh Audiens dengan memasang Iklan Instagram. Apabila kamu sudah menentukan Audiens atau target marketmu. Maka akan sangat bagimu untuk menentukan :

  • Lokasi seperti kota, provinsi, negara bagian dsb
  • Demografi seperti jenis kelamin, bahasa, serta usia
  • Minat seperti akun yang mengikuti orang lain serta aplikasi yang digunakan
  • Perilaku pengguna akun yang aktif dan tidak aktif

13. Buat Tulisan menarik dan memperdaya

Apakah kamu tahu tentang copywriting? Copywriting merupakan sebuah seni komunikasi yang biasa dibuat oleh pembuat iklan atau sales dalam bentuk tulisan. Kamu bisa mempelajari teknik copywriting ini untuk ditampilkan pada caption di tiap posting instagram. 

Penggunaan copywriting yang tepat dapat mempengaruhi pelanggan untuk melakukan aksi seperti :

  • memberikan like, 
  • memberi komentar pada postingan, 
  • melakuakan pembelian produk/layanan, atau 
  • menghubungi kamu

Caption di instagram memiliki batasan maksimal 2.200 karakter yang bisa dimanfaatkan untuk menjelaskan produk secara detail ataupun menuliskan teks copywriting kamu.

Kesimpulan

Membuat akun instagram untuk mengoptimalkan bisnis memang tidak begitu sulit. Akan tetapi, bisnismu bisa eksis di instagram memerlukan konsistensi dengan konten yang dibuat. Seperti memposting di waktu yang tepat, membuat visual desain tampilan yang menarik, serta meningkatkan kepercayaan bisnis terhadap audiens berinteraksi di instagram.

Oleh sebab itu, memiliki akun instagram bisnis menjadi suatu keharusan bagi semua pelaku usaha. Untuk meningkatkan brand bisnis ataupun memperkenalkan bisnis ke calon audiens dan calon pelanggan kamu.

Tips membuat akun instagram bisnis bagi pemula tersebut bisa kamu gunakan langsung. Jadi siapkah TemanBilla sukses di Instagram? Jika TemanBilla masih bingung bagaimana memulainya, jangan pusing silahkan hubungi Billa Creative untuk membantu mengoptimalkan bisnismu di Instagram.

 

Sumber : databoks.katadata.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Billa Creative merupakan Creative Digital Agency berlokasi di Yogyakarta. Kami siap menjadi partner untuk mengoptimalkan bisnis Anda.
Locations :
Jl. Cendrawasih No.28A, Sleman, Yogyakarta
© 2023 -Billa Creative - PT. Billa Corp Indonesia